Sabtu, 20 Juni 2015

YEN Records' Girls

Sejak aku dengerin lagu-lagunya Hosono (lagi-lagi ngebahas dia), aku jadi seneng ama berbagai macem jenis lagu (lagi-lagi ngebahas ini). Jadi banyak penyanyi yang aku suka.. ehehe

Nah, sekarang aku mau ngebahas dua penyanyi yang aku suka dari YEN Records. Sebelumnya, YEN Records tuh label musik di Jepang yang (kayaknya) sih dipimpin ama Hosono dan Yukihiro. Label ini pun masih di bawah naungan Alfa Records, label musik yang ngerekrut Yellow Magic Orchestra. YEN Records ini menampung penyanyi-penyanyi yang genre musiknya new wave, synthpop, electronic-pop, atau abstract-experimental. Penyanyi-penyanyinya sering dicap sebagai "underrated singer" ama orang-orang dari luar Jepang (termasuk aku waktu awal-awal).

Penyanyi-penyanyi di bawah naungan YEN Records tuh ada banyak, tapi ceweknya cuma tiga. Dan suara penyanyi ceweknya tuh tinggi banget kayak suara rada moe tapi rada ke suara buat lagu-lagu tradisional Jepang. Penyanyi-penyanyi ceweknya adalah sebagai berikut.

1. Miharu Koshi
Penyanyi ini udah melakukan debut di tahun 1979 (kalo ga salah), di waktu umurnya 19 tahun (aku ini apa, umur 21 tahun masih belum jadi apa-apa). Debut awalnya sih jadi penyanyi idol yang nge-trend saat itu dan suaranya sangat mbak-mbak sekali. Mungkin gara-gara karakter suara yang kurang kuat, lagu-lagunya nggak terlalu nge-hits. Aku ga tau sih gimana ceritanya dia sampai masuk ke YEN Records, tapi yang pasti sejak masuk ke label ini suara dan gaya nyanyinya jadi beda banget. Setelah YEN Records bubar, dia diajak Hosono buat kolaborasi. Dan sampai sekarang dia jadi murid sekaligus partner abadi Hosono di bawah naungan Daisyworld (sebelumnya label Non-Standard dan lain-lain). nikah aja padahal.
Dari berbagai macam album, yang paling aku suka tuh album "Parallelisme" ama "Boy Soprano".

Diupload oleh spixmibblefur
Lagu "Parallelisme" dari album yang berjudul sama

Diupload oleh Cosmides 
Lagu "Vite, usagi" dari album "Boy Soprano"


2. Jun Togawa
Penyanyi cewek yang nyentrik banget dari segi suara, penampilan, ama performance-nya. Debutnya waktu dia jadi personil di band Guernica bareng Koji Ueno. Album solo pertama dia tuh "Tamahime-sama" yang lagu dengan berjudul sama pun dikomposisiin Hosono. Jun Togawa sering banget jadi aktris di berbagai macam film. Salah satunya film "Paradise View" bareng Hosono. Aku jadi makin pengen nonton. Nah, lagu yang paling aku suka dari Jun Togawa tuh yaa "Tamahime-sama", katanya sih lagu ini menceritakan cewek yang pertama kali mengalami menstruasi.
 
Diupload oleh Cosmides
Lagu "Tamahime-sama" dari album yang berjudul sama


3. Sandii
Nama lengkapnya Sandii Suzuki, nama aslinya Sandra sih. Penyanyi berdarah setengah Amerika setengah Jepang ini pernah jadi back vocalist buat lagu YMO yang berjudul "Absolute Ego Dance". Suaranya emang melengking-lengking kayak penyanyi tradisional Okinawa. Dia bergabung ama grup band-nya Makoto Kubota, Kubota & The Sunset Gang, trus band-nya ganti nama jadi Sandii & The Sunsetz (aku ga tau sih rincian ceritanya gimana). Yang hebat dari penyanyi ini, dia nyanyi pake beragam bahasa termasuk bahasa Indonesia. Albumnya yang berjudul "Dream Catcher" tuh bener-bener album yang paling aku cari-cari soalnya banyak judul yang berbahasa Indonesia (dan Melayu). Salah satu judul lagu dari album tersebut adalah "Hai Hai Hai", tapi aku gak nemu yang versi albumnya jadi aku tampilkan yang versi live. Lagu ini tentang ajakan buat berjoget.

    Diupload oleh Far Side Music
Lagu "Hai Hai Hai" dari album "Dream Catcher"

Ya... Album-album dari ketiga penyanyi ini biasanya diproduseri oleh Hosono. Selain jadi produser, Hosono pun turut serta ngebuat komposisi lagu atau sekedar jadi pemain bass atau salah satu alat musik. :">  

Senin, 15 Juni 2015

Album Jadul Chrisye

Hari Minggu kemaren akhirnya aku dapet discography-nya Chrisye. Waktu dulu sih udah pasti album Chrisye yang aku denger cuma Badai Pasti Berlalu versi tahun 1999, Best Cinta, ama Konser Tur 2001. Dan akhirnya baru sekarang aku ngedenger album-albumnya di tahun 70-80an. Itupun hasil ngedunlut sih. Emang harusnya beli albumnya, tapi pasti susah dicari. Indonesia tea jarang ngerilis ulang album-album jadul. Nah, jadi sekarang aku mau ngebahas album jadul Chrisye yang menurutku terbaik.

1. Resesi (1983)


Lagu-lagu yang menurutku bagus di album ini tuh "Sentuhan Cinta", "Di Batas Akhir Senja", "Lenny", dan "Malam Pertama". Ngedengerin lagu "Sentuhan Cinta" tuh selalu ngebuat hati tenang, musiknya juga bener-bener menggugah perasaan.....bagiku. Waktu aku SD dulu, lagu yang paling aku suka tuh "Malam Pertama". Waktu dulu sih aku ga tau maknanya apa, tapi lagu ini pun ngebuat aku tenang.

2. Pantulan Cita (1983)


Katanya album ini tuh album paling gak laku pas dirilis. Aku bingung kenapa, padahal menurutku bagus-bagus aja lagunya. Katanya, mungkin waktu itu orang-orang ngerasa suara Chrisye ama musik yang nge-rock (padahal menurutku gak nge-rock banget) tuh gak nyambung. Tapi menurutku justru jadi perpaduan yang menarik dan punya nilai plus, adanya variasi yang lain lah. Lagu yang paling aku suka di album ini tuh "Desah Kalbu", "Pantulan Cita", "Kencana", dan "Perkasa Manusia".

3.Sabda Alam (1978)


Album solo pertama Chrisye (kalo ga salah). Lagu yang aku suka di album ini tuh "Cita Secinta", "Nada Asmara", dan "Smaradhana" (tapi lebih suka yang versi Konser Tur 2001). Album ini emang layak jadi album yang laris. hmm hmm.

4. Nona (1984)

Album yang paling memuat tema isu sosial. Biasanya tema yang Chrisye angkat tuh seputar cinta (kebanyakan). Katanya sih Chrisye males ngebahas isu sosial jadinya aja lebih suka milih tema selain itu, lebih ke arah emosi/ psikologi manusia (kayak aku aja kalo ngebuat gambar). Tapi mulai dari tahun 1983 tepatnya album Metropolitan, banyak ngebahas isu sosial masa itu. Lagu-lagu yang aku suka di album ini tuh "Berita Ironi". "Sayang", "Nona", "Gadis Manja", dan "Biarkan Ku Sejenak". Ngedenger lagu "Sarjana Kaki Lima" somehow ngebuat aku waswas ama masa depanku. ahaha


Itu sih lagu-lagu yang aku suka. Semua musik di album-album di atas tuh digubah ama Yockie. Emang punya karakteristik tersendiri, meski ada yang bilang mirip ama musik band Genesis. Tapi kan itu jadi inspirasi, ya gapapa. Musiknya bener-bener lain dari lagu-lagu Chrisye di 90-2000an. Meski album yang paling aku suka tetep Badai Pasti Berlalu versi tahun 1999. 


Minggu, 07 Juni 2015

Komikus Panutan

Libur t'lah tiba... hore, hore, HOREEE...!!!
Harusnya aku nge-posting ini waktu tanggal 1 Juni ya, tapi hebat banget begitu terakhir kali ke kampus (Hari Minggu, 31 Mei) aku langsung sakit. Hari ini alhamdulillah udah sembuh, makanya bisa nge-post sesuatu.. ehehehe

Jadi, yang mau aku omongin sekarang adalaaaaah...



CHIBI MARUKO CHAAAAAAAAAAAN~!!

Maruko-chan tuh bener-bener komik dan anime yang paling aku suka sampai sekarang. Ceritanya ringan, gambarnya simple banget. Yang paling aku suka tuh kadang suka ada unsur-unsur surealisnya. Tapi itu cuma berlaku di anime yang tahun 90-an aja, yang tahun 2014 udah ilang unsur surealisnya. Anime yang tahun 2014 tuh kayak yang murni anime buat anak-anak soalnya isi ceritanya sering bermuatkan edukasi moral. Sedangkan, kalo anime yang tahun 90-an kan emang murni diangkat dari cerita komiknya, jadi ceritanya bener-bener gokil sesuai gaya ceritanya Momoko Sakura.

Ngomongin Momoko Sakura, komikus yang satu ini bener-bener komikus pujaan sekaligus panutan. Gambarnya unik dan aku suka suka sukaaaaaaaaaa banget ama unsur surealis yang sering ditampilkan di gambarnya. Hampir semua karyanya tuh (selain Maruko-chan) pasti ada unsur surealisnya, misalnya Coji-Coji. Aku coba cari-cari video opening anime Coji-Coji, tapi gak nemu. :<

Nah, ada satu hal yang ngebuat aku lumayan iri ama Momoko Sakura. Dia... dia..... DINOTIS AMA PENYANYI IDOLA(KAKAK)NYA...!! Gara-gara cerita Maruko-chan tuh tentang kehidupan sehari-hari Momoko di tahun 1974, dia sering banget nyeritain tentang pop culture masa itu dan ngegambarin penyanyi-penyanyi semacam Momoe Yamaguchi, Linda, Hideki Saijo, dan banyak lagi. Tapi yang paling sering muncul tuh Momoe ama Hideki sih. Hideki muncul di ceritanya gara-gara kakak Maruko ngefans banget ama penyanyi itu. Gara-gara sering muncul di cerita komik dan anime, akhirnya Hideki berkontribusi buat nyanyi lagu ending ke-2 anime Maruko-chan. Trus yang nulis liriknya Momoko sendiri, isinya konyol banget, dan dinyanyiin Hideki. YA AMPUN BERUNTUNGNYAAA. 



Sepenggal lirik:
Lin Lin, Lan Lan adalah kembar/ sosis*
Ya, ya, bukan ham
 (pertama kali denger pas SMA, langsung cengo)
 *kembar = souseiji, sosis = sooseeji (pelafalan hampir sama)
Meski sebetulnya yang bener-bener digemari Maruko/ Momoko tuh Momoe sih. Trus Eiichi Ohtaki juga ikut berkontribusi sebagai komposer lagu opening ke-2 animenya.... Aku pernah baca, katanya Momoko emang seneng dengerin lagu-lagunya Eiichi Ohtaki. Aku juga penasaran kenapa di beberapa ilustrasi yang jadi cover chapter di volume 10 ada tulisan "Niagara Calendar" dan ada gambar logo Niagara label. Niagara label kan rumah produksi yang didirikan Eiichi Ohtaki, kalo Niagara Calendar tuh albumnya Eiichi Ohtaki. Aku masih belum menggali informasi tentang hubungan Momoko Sakura ama Niagara label lebih jauh. Btw, ini lagu openingnya.




Asik banget ya. Berawal dari komik trus bisa ketemu(?) dan kerja bareng penyanyi idola. Aku juga mau jadi komikus yang kayak gitu. Aku bakal ceritain tentang Haruomi Hosono ama Tatsuro Yamashita. Tapi aku bukan komikus Jepang, ga tau koneksinya dari mana. Kalo mau dari Indonesia, aku mau karya aku dinyanyiin ama Chrisye. Tapi....Chrisye kan udah almarhum. *mojok* Sedih kalo senengnya ama penyanyi-penyanyi lawas (dari luar negeri bahkan).