Sabtu, 14 Februari 2015

YMO & Kimi Ni Mune Kyun.

Soooo... sekarang aku lagi semangat nulis blog setelah sekian lama ditelantarkan. Yang bakal kubahas di postingan ini adalah awal mula aku suka YMO a.k.a. Yellow Magic Orchestra.


Yellow Magic Orchestra

YMO adalah grup band technopop yang berdiri tahun 1978. Personil band ini adalah Haruomi Hosono, Yukihiro Takahashi, dan Ryuichi Sakamoto. Awalnya tuh diberi nama Yellow Magic Band dan cuma sekedar jadi kontributor tenaga (halah) di album Hosono yang berjudul "Paraiso". Di tahun 1978, Hosono udah mulai menggeluti aliran synth-pop. Aku masih belum tau (dan belum mencari lebih jauh) gimana berdirinya band YMO. Aku juga penasaran kenapa kayaknya Hosono seneng banget ama kata "Yellow Magic". Soalnya sejak Hosono masih gabung di Tin Pan Alley, dia udah pake kata ini untuk judul lagunya yaitu "Yellow Magic Carnival". (lagunya enakeun.. hehe)

[08.04.2015] Ternyata, setelah aku baca dari kayokyokuplus.blogspot, aku tau arti dari kata "Yellow Magic" yang selalu dipake Hosono, khususnya di Yellow Magic Orchestra. Kata Sakamoto, Yellow Magic tuh semacam pertengahan antara Black Magic ama White Magic. Dan karena mereka adalah orang Asia, yang selalu disebut berkulit kuning, makanya muncul kata Yellow Magic. (well, agak rasis sih)

Nah segitu dulu penjelasan singkat tentang YMO.

Sekarang aku mau ngebahas kenapa aku bisa seneng ama YMO. Jadi, waktu menjelang UAS semester kemaren, kakakku nge-chat aku di FB. Tiba-tiba aku dikirimin link yutub entah apaan. Pas aku buka, tampillah video jadul dengan orang-orang lagi joged-joged ga jelas. Aku yakin kakakku ngirimin ini gara-gara videonya konyol kocak banget. Tapi aku malah kepincut ama lagunya, somehow pas ama selera aku. So, aku mulai nyari info dan album-albumnya YMO. Trus aku jadi suka weh. :"D


 MV "Kimi Ni Mune Kyun"
Di-upload oleh dolores haze

"Kimi Ni Mune Kyun."/ 君に、胸キュン。 (My Heart Beats for You.) adalah lagu yang dirilis tahun 1983. Awalnya dirilis dalam bentuk single, tapi kemudian jadi salah satu track di album "Naughty Boys" yang dirilis di tahun yang sama. Lagu ini punya nada musik yang lebih "nge-pop" dibandingkan lagu-lagu YMO lainnya. Dan image para personil YMO pun dibuat cute-cute gimanaaa gitu di lagu ini (meski aku ngerasa ga ada satupun yang cute). Biasanya kan image para personil YMO tuh dibuat cool (keren) dan dingin sedingin nada musiknya. #NGGAK


 
Cover album single "Kimi Ni Mune Kyun" 

 Cover album "Naugthy Boys"


FYI, yang baju merah tuh Hosono. (kya kya kya kya kya kyaaa!!!)

Nah, menurut wikipedia, album ini menempati (dan album-album YMO lainnya) posisi pertama Oricon Chart untuk penyanyi technopop. Dan ga ada penyanyi technopop lain yang mampu menggantikan posisi YMO ini hingga muncul album "Game" dari grup Perfume yang akhirnya bisa "ngegusur" YMO dari takhtanya di Oricon Chart.

Ini ada beberapa video yang berkaitan ama lagu "Kimi Ni Mune Kyun".


 
Live perform "Kimi Ni Mune Kyun"
Di-upload oleh なつかし

 
YMO FM
Di-upload oleh 8y7m8o7 


Sebetulnya ada beberapa yang dari website dailymotion juga, di-upload ama GO-GO-STALIN.. Tapi gak bisa aku tampilin di sini takutnya ntar ada masalah seputar etika sharing ama hak cipta(?).

Trus ya, kalo dipikir-pikir.... rasanya banyak banget foto-foto mereka yang masih dalam nuansa Kimi Ni Mune Kyun. Kayaknya sih ada photobook-nya.. hem.

Dan kayaknya sih YMO tuh sejenis idol group di tahun '80an... ehe
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar