Minggu, 05 April 2015

Tree of Mana

Akhir-akhir ini aku mulai tertarik lagi ama ilustrasi-ilustrasi Seiken Densetsu. Seiken Densetsu tuh game keluaran Square-Enix yang mungkin kalo di Barat dan Indo terkenal ama sebutan "Mana series". Game ini bermula dari judul Seiken Densetsu 1: Final Fantasy Gaiden atau Final Fantasy Adventure untuk console Gameboy. Tapi kayaknya baru trigger buat judul Seiken Densetsu series aja. Aku ngeh ama nama Mana-Manaan tuh dari Legend of Mana. Aku belum pernah mainin game ini, waktu itu pernah diajak ama sohib SD, "Pernah main Legend of Mana ga? Mainin deh." tapi aku tetap setia main Harvest Moon dan sebangsanya. Tau pertama kali tentang Mana series tuh waktu SMP pas Mbak Iva beli Dawn of Mana. Waktu itu aku ama Mbak Iva lagi nge-hype banget Kingdom Hearts, jadi respon ke Dawn of Mana tuh agak-agak kurang. Tapi Mbak Iva tetep mainin ampe stage pertengahan. Yang ngebuat aku seneng ama Dawn of Mana waktu itu tuh BGM-nya. Mulai dari title screen sampe stage terakhir yang Mbak Iva mainin tuh lagunya enakeun banget. Menurut aku. (meski aku baru nyadar sekarang kalo composer title screen-nya tuh Ryuichi Sakamoto)

Setelah punya NDS, aku nyoba-nyoba main Children of Mana ama Heroes of Mana. Tapi aku lebih suka ama visual n gameplay-nya Children of Mana sih. Trus ampe sekarang belum aku tamatin pula. Karena aku langsung main yang terbaru, aku ga tau timeline ceritanya. Emang kebiasaan Square-Enix sih ngebikin game yang terlalu banyak sequel/ prequel-nya. Kayak Final Fantasy ama Kingdom Hearts aja, aku udah gak ngeh ama cerita KH yang sekarang-sekarang. Kalo mau tau lebih lengkapnya, baca di sini.

Sebetulnya yang mau aku bahas di sini tuh bukan gamenya, tapi satu unsur yang selalu ada di game Mana series yaitu Tree of Mana. Aku tertarik ama visualisasi dari Tree of Mana. Kalo mau tau tentang informasi Tree of Mana, bisa baca di sini. (ketauan males ngejelasin)


 
Cover OST Re:Birth Seiken Densetsu 


Video Mana World
diupload oleh Nicholas Schmidt

Penampilan Tree of Mana ini bener-bener, hmmm, bisa dibilang syahdu. Kalo dipadu ama suasana sekelilingnya tuh jadi kerasa sakral banget. Ada beberapa gambar Tree of Mana yang lain: 


            

       

        


Pertama kali aku ngeliat Tree of Mana tuh di game Dawn of Mana (Gambar sebelah kanan tengah). Suasana pagi hari di Mana Sanctuary tuh bener-bener ngabuat hati ini langsung terenyuh, ditambah lagu title screen dari si Sakamoto pula (untuk lagunya ada di postinganku sebelumnya). Kalo suasana siang, nuansanya jadi kerasa megah dan penuh warna ceria. Aku masih ga tau alasan banyak burung flamingo(atau burung ibis?) merah di sekelilingnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar