Senin, 15 Juni 2015

Album Jadul Chrisye

Hari Minggu kemaren akhirnya aku dapet discography-nya Chrisye. Waktu dulu sih udah pasti album Chrisye yang aku denger cuma Badai Pasti Berlalu versi tahun 1999, Best Cinta, ama Konser Tur 2001. Dan akhirnya baru sekarang aku ngedenger album-albumnya di tahun 70-80an. Itupun hasil ngedunlut sih. Emang harusnya beli albumnya, tapi pasti susah dicari. Indonesia tea jarang ngerilis ulang album-album jadul. Nah, jadi sekarang aku mau ngebahas album jadul Chrisye yang menurutku terbaik.

1. Resesi (1983)


Lagu-lagu yang menurutku bagus di album ini tuh "Sentuhan Cinta", "Di Batas Akhir Senja", "Lenny", dan "Malam Pertama". Ngedengerin lagu "Sentuhan Cinta" tuh selalu ngebuat hati tenang, musiknya juga bener-bener menggugah perasaan.....bagiku. Waktu aku SD dulu, lagu yang paling aku suka tuh "Malam Pertama". Waktu dulu sih aku ga tau maknanya apa, tapi lagu ini pun ngebuat aku tenang.

2. Pantulan Cita (1983)


Katanya album ini tuh album paling gak laku pas dirilis. Aku bingung kenapa, padahal menurutku bagus-bagus aja lagunya. Katanya, mungkin waktu itu orang-orang ngerasa suara Chrisye ama musik yang nge-rock (padahal menurutku gak nge-rock banget) tuh gak nyambung. Tapi menurutku justru jadi perpaduan yang menarik dan punya nilai plus, adanya variasi yang lain lah. Lagu yang paling aku suka di album ini tuh "Desah Kalbu", "Pantulan Cita", "Kencana", dan "Perkasa Manusia".

3.Sabda Alam (1978)


Album solo pertama Chrisye (kalo ga salah). Lagu yang aku suka di album ini tuh "Cita Secinta", "Nada Asmara", dan "Smaradhana" (tapi lebih suka yang versi Konser Tur 2001). Album ini emang layak jadi album yang laris. hmm hmm.

4. Nona (1984)

Album yang paling memuat tema isu sosial. Biasanya tema yang Chrisye angkat tuh seputar cinta (kebanyakan). Katanya sih Chrisye males ngebahas isu sosial jadinya aja lebih suka milih tema selain itu, lebih ke arah emosi/ psikologi manusia (kayak aku aja kalo ngebuat gambar). Tapi mulai dari tahun 1983 tepatnya album Metropolitan, banyak ngebahas isu sosial masa itu. Lagu-lagu yang aku suka di album ini tuh "Berita Ironi". "Sayang", "Nona", "Gadis Manja", dan "Biarkan Ku Sejenak". Ngedenger lagu "Sarjana Kaki Lima" somehow ngebuat aku waswas ama masa depanku. ahaha


Itu sih lagu-lagu yang aku suka. Semua musik di album-album di atas tuh digubah ama Yockie. Emang punya karakteristik tersendiri, meski ada yang bilang mirip ama musik band Genesis. Tapi kan itu jadi inspirasi, ya gapapa. Musiknya bener-bener lain dari lagu-lagu Chrisye di 90-2000an. Meski album yang paling aku suka tetep Badai Pasti Berlalu versi tahun 1999. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar