Kamis, 09 Februari 2017

Gourmet Manga [Part 1]

Yak! Yak! Hari ini aku mau ngebahas seputar gourmet themes atau hal-hal yang bertema makanan~! Di postingan sebelumnya, aku udah ngebahas tentang gourmet drama. Nah sekarang, aku mau ngebahas tentang gourmet manga. Untuk bahasan yang sekarang, aku bakal tampilin gourmet manga khusus cewek yang terbit di Indonesia dan udah pernah aku baca dan menurutku terbaik.

1. Hopper & Yummy's Kitchen


Gourmet manga pertama yang aku baca. Bacanya di Nakayoshi sih, pas keluar tankobon-nya malah gak aku beli trus sekarang menyesal setengah mati. Ceritanya tentang cewek SD bernama Yummy yang lagi ngecengin cowok sekelasnya bernama Tsuyoshi yang doyan makan. Yummy ingin menarik hati Tsuyoshi, tapi dia ga bisa masak. Akhirnya dia nangis sambil meluk celemek ibunya yang udah meninggal, trus tiba-tiba muncul makhluk jadi-jadian bernama Hopper. Dengan bantuan makhluk ini, Yummy pun jadi pinter masak dan bisa menarik hati Tsuyoshi. Aku cuma baca sampe Tsuyoshi pergi ke Amerika sih. Cerita di masa SMP-nya belum pernah baca soalnya udah ga langganan Nakayoshi dan (bodohnya) ga beli tankobon padahal di tankobon-nya ada selipan resep-resep. Ceritanya sih yaa gitu, tapi gambar makanannya sederhana tapi oke juga (masih bisa bikin ngiler).

2. Hanamaru's Kitchen  


Komik ini pada masanya (tahun 2004 kalo ga salah) termasuk komik yang tebal. Waktu harga komik masih Rp 9.500, komik ini harganya Rp 15.000 (masih inget). Ceritanya tentang cewek SMP bernama Hana yang terobsesi ikut kontes masak Sasaki Aiko meski dia ga bisa masak. Tapi gara-gara udah terlanjur daftar, dia harus tetep ikut. Dengan partner bernama Yuuki, Hana pun perlahan menjadi mahir masak dan bisa menang kontes. Ceritanya sederhana, gambar makanan di dalam cerita pun gak banyak dan kurang menonjol. Tapi, yang jadi nilai plus dari komik ini adalah ada halaman berwarna sebanyak 14 halaman di awal-awal komik, isinya tentang resep. Trus ada 3 cerita tambahan masih seputar kehidupan masak memasak Hana dan selipan-selipan resep dengan ilustrasi yang imut.

3. Takoyaki Princess

 

Komik ini tadinya di-publish di Cherry per chapter. Trus aku ga mau mengulangi kesalahan jaman SMP, langsung aku beli tankobon-nya. Ceritanya tentang cewek SMP bernama Akari yang mewarisi toko takoyaki ayahnya di Tokyo. Tapi ternyata, banyak persaingan-persaingan yang harus ia hadapi agar toko takoyakinya bertahan! Dalam usaha mempertahankan martabat toko, Akari didampingi oleh teman masa kecilnya (cowok). Komik romance setengah lawak, jadi aku menikmati banget ngebacanya. ehehe

4. Komomo's Confiserie

 

Gourmet Manga era terkini. Ceritanya tentang cewek kaya bernama Komomo yang mendadak jatuh miskin gara-gara bisnis ayahnya gagal. Komomo yang tadinya dimanja dengan kehidupan yang mewah, harus beradaptasi dengan lingkungan barunya. Eh, ketemu ama mantan patissiere di masa kecilnya, Natsu. Melihat nona mudanya terpuruk dalam kemiskinan, Natsu pun mempekerjakan Komomo di confiserie (toko kue) miliknya. Dan cinta pun tumbuh di antara mereka berdua. Artwork-nya imut, kekinian banget. Gambar makanan terlihat indah karena sentuhan komikus yang mahir memakai screentone. Paling suka ama halaman pembahasan kue-kue yang pernah dimakan sang komikus.

5. Yumeiro Patissiere

  

Aku tau judul ini justru dari game dulu baru baca komiknya. Cerita komik ini tentang Ichigo, anak SMP biasa yang doyan makan kue. Suatu hari, dia dateng ke acara "Cake Fiesta" dan membuat seorang patissiere Perancis bernama Henri terkesan pada kepekaan rasa Ichigo. Akhirnya, Henri memberi beasiswa pada Ichigo untuk bersekolah di Saint Marie Academy (sekolah khusus pembuat kue). Di sekolah itu, Ichigo menjadi siswi paling bodoh dalam membuat kue karena yang dia bisa hanya menyicipi kue. Dibantu dengan para sweet princes, Ichigo maju ke grand prix bidang kue. Aneh juga, ga bisa bikin kue tiba-tiba maju ke grand prix. Baca komiknya di scanlation kesayangan atau beli komiknya di toko buku terdekat ya kalo penasaran. (males jelasin)

Nah, segitu dulu bahasan tentang gourmet manga yang terbit di Indonesia [part 1]. Nantikan bahasan tentang gourmet manga lainnya yang akan di-post suatu hari nanti~ :D

[To Be Continued]
*ending song**credits roll*

1 komentar: